Negosiasi Untuk Memperoleh Keinginan


 Public speaking learning, public speaking lesson plans, public speaking lesson plan, public speaking life hacks, public speaking logos pathos ethos.

   Inti Negosiasi adalah "Mengalah"

       Pada 993, Jenderal Xiao Sunning dari Khitan menyerang Goryeo dengan membawa 800 ribu pasukan , Khitan meminta Goryeo untuk menyerah. Dalam sidang di istana Goryeo ada seorang yang menyarankan untuk menyerahkan wilayah utara kepada Khitan dan berdamai, pada saat itu muncullah Jenderal Seo Hui. Ia mempertaruhkan nyawanya masuk ke wilayah musuh untuk bernegosiasi, Xiao Sunning Mempertanyakan kenapa Goryeo ingin menguasai tanah Goguryeo yang dulunya adalah bagian dari wilayah Khitan, perihal ini dijawab oleh Jenderal Seo Hui.

      "Kami, Goryeo adalah negara yang berhasil mengambil alih Goguryeo, sehingga bukankah lantas menjadi milik Goryeo? Dengan demikian sebagian tanah Khitan jelas merupakan tanah kami." Merasa kalah Xiao Sunning pun mengalihkan pertanyaan, "Mengapa kalian mengarungi lautan dan hanya melakukan barter dengan dinasti Song?"
  Seo Hui langsung mengeluarkan peta dan berkata, "Karena seperti yang Anda lihat disini bangsa Jurchen yang menghalangi. Kami sama sekali tidak membenci Khitan."

     Xiao Sunning yang kagum akan keberanian dan kepandaian Seo Hui memutuskan mundur secara sukarela. Setelah itu Goryeo mengusir bangsa Jurchen dan merebut kembali wilayah Pyongan Utara.
   Saat membahas soal negosiator kita tidak bisa melepaskan kisah tentang tokoh sejarah Korea, Jenderah Seo Hui. Ia mampu memperoleh apa yang diinginkan tanpa menumpahkan darah setetes pun lewat negosiasi dengan pemimpin musuh. Xia Sunning pun memperoleh nama tanpa perlu mengobarkan perang. Ia pun tak bisa sembarangan menjamin bahwa ia akan memenangkan peperangan sehingga hal itu cukup menguntungkan baginya. Kisah ini menunjukkan betapa hebatnya "kekuatan negosiasi"

    Negosiasi memiliki makna "proses perundingan oleh beberapa orang yang berguna mencapai kesepakatan yang sesuai dengan tujuan . "Setiap orang melakuakan negosiasi, baik dalam kehidupan sehari - hari maupun dalam pekerjaan. Ibu rumah tangga bernegosiasi saat berbelanja sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Misalnya saat ingin membeli mesin cuci baru yang harganya lebih mahal dari yang diinginkan, kita akan bernegosiasi agar harganya turun, konsumen ingin membeli dengan harga semurah - murahnya sedangkan penjual sebisa mungkin ingin bertransaksi tanpa menurunkan harga. Poin penting dalam negosiasi ini adalah harga mesin cuci.

Baca artikel yang lain : Dimulai Dengan Pukulan, Diakhiri dengan Sentuhan 
Back to Top