Dasar dari Perdebatan, Dengarkan!

Public speaking organizational patterns, public speaking png, public speaking pengertian, public speaking presentation, public speaking pelatihan.

   "Havruta", Metode Pengajaran Debat Orang Yahudi

  "Ajarkan saya teknik debat yang baik."
     "Adakah metode debat yang efektif?"
       Belakangan ini benyak pegawai yang menanyakan tentang cara perdebatan. Terutama mereka yang berasal dari perusahaan IT, karena bidang ini tidak menyukai bentuk organisasi yang kaku dan terkait pada pola pikir yang distandarkan. Mereka memerlukan ide - ide kreatif yang melampaui pemikiran yang ada dan berguna untuk mengembangkan produk serta teknologi baru yang membuat era baru, oleh karena itu dibutuhkan diskusi bebas antar karyawan.



     Facebook memahami nilai dari diskusi dan menjadikan budaya diskusi sebagai tenaga penggerak pertumbuhan perusahaan, Hackathon hasilnya. Kata gabungan dari hacking dan marathon bermakna "diskusi akhir" yang berguna untuk mendobrak pemikiran yang ada dan menciptakan nilai baru, kata ini dicetuskan oleh Mark Elliot Zuckerberg melalui hackathon ini, Facebook mendapatkan ide - ide segar dari para developer teknologi yang berkumpul untuk menunjukkan kemampuannya sehingga perusahaan tersebut dapat berkembang sebagai penyedia layanan social network yang mendunia.
       Bangsa Yahudi dapat memimpin dunia juga karena debat, sebanyak 25% mahasiswa Ivy League Amerika dan 30% mahasiswa Universitas Harvad adalah orang Yahudi, terlebih lagi 22% peraih penghargaan Nobel pun merupakan orang Yahudi. Di sini terdapat kontribusi besar 'Havruta', metode pengajaran debat ala orang Yahudi kerena selama kita bertanya dan berfikir dalam diskusi, kegiatan otak meningkat sampai titik terbaiknya.

   Debat adalah kegiatan sekelompok orang untuk menyampaikan pendapat tentang sebuah topik atau masalah dan membuktikan kebenaran pemikirannya, di dalam debat harus ada perbedaan pendapat di antara kedua kubu dan masing - masing harus menyampaikan gagasannya disertai alasan - alasan yang objektif dan realistis untuk membujuk lawan.
    Demi kelancaran debat perlu ditentukan terlebih dahulu moderator, panelis yang setuju, panelis yang menentang, dan juri. Setelah itu debat bisa dimulai dengan arahan moderator masing - masing panelis bergantian menyampaikan data - data dan dasar argumen, kemudian di akhir debat juri akan memutuskan hasilnya.


      Biasanya kelancaran debat identik dengan percekcokan padahal sesuai namanya cekcok adalah perselisihan antara orang - orang yang memiliki pendapat yang saling berlawanan. Di dalam cekcok siapa yang benar  dan siapa yang tidak dapat dibedakan, sedangkan debat bertujuan mengungkapkan pendapat mana yang benar di bawah aturan yang telah ditetapkan oleh karena itu penting untuk menemukan denominator dalam debat dengan mendengarkan pendapat lawan dan memaparkan pendapat kita.

Baca artikel yang lain : Negosiasi Untuk Memperoleh Keinginan 
Back to Top