-->

PIDATO PERGAULAN REMAJA

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu, Salam Sejahtera untuk kita semua. 

Puji Syukur kepada Allah Subhanahu wataala atas limpahan Rahmat dan Nikmatnya yang terus diberikan kepada kita, patut kita ekspresikan dengan mengucap Alhamdulillah, Alhamdulillah fi kulli chalin, Alhamdulillah ala kulli chalin. Amma ba'dhu. 



Hadirin yang berbahagia dan para sahabat yang saya cintai, 

Remaja merupakan fase peralihan dari anak-anak memuju dewasa, ada perubahan-perubahan yang nampak secara jelas, dari fisik, emosinal. Dapat ditandai perubahan pada anak lelaki suaranya membesar, mimpi basah, ketertarikan kepada lawan jenis, timbul jerawat di wajah, sementara anak perempuan mulai mengalami menstruasi, pembesaran  buah dada, dan beberapa remaja mengeluarkan aroma bau badan. 

Perjalanan menjadi remaja merupakan point penting bagi tiap manusia, karena di fase ini faktor teman dan lingkungan sangat menentukan. Kualitas pergaulan yang tepat memantik prestasi seorang remaja, smentara pergaulan yang salah, dapat memicu problem yang membuat masa depan seseorang menjadi tidak baik-baik saja. 

Bergaul dengan siapapun hendaknya remaja berkomunikasi dengan orang tua, sehingga orang tua dapat memberikan arahan, menjadi teman diskusi, dan saling support menjadi manusia berprestasi. Mari kita ambil contoh remaja yang bersekolah di tempat-tempat terbaik dengan pendidikan terbaik, kurikulum terbaik , termasuk anak-anak yang pergi mondok di pesantren jauh dari Orang tua, hal itu membuat dirinya kuat dan mandiri, mengambul keputusan sendiri. 

Namun ada juga remaja yang tersangkut masalah seperti bolos sekolah karena diajak temannya, mogok sekolah karena di bully, pergaulan bebas, narkoba, judi , Astagfirullah, Naudzu billah min dzalik, semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang tidak memberdayakan kita. 

Wasapda dengan perilaku-perilaku yang tidak baik, bekali remaja dengan agama dan iman, spiritualitas, kesadaran, logika dan kecerdasan di SQ, EQ dan IQ. Lengkapi dengan pendidikan Moral , budi pekerti, dan ada baiknya remaja belajar ilmu public speaking dan grafologi. 

Hadirin yang berbahagia, singkat padat pidato saya, dengan harapan dapat menggugah kembali semangat para remaja untuk menjadi unggul dan berprestasi, memilih pergaulan yang baik dan benar, dibimbing oleh mentor leader coach terbaik, sehingga dengan kesadaran dapat memilih jalan lurus. 

Akhir kata : Jadilah Remaja Unggul Berprestasi!

Wassalamualiakum warahmatullahi wabarakatuhu. 


Back to Top