-->

Video Closing Public Speaking Inhouse Training

 


Sebagai Trainer Public Speaking Indonesia yang tinggal di Kota Semarang, dulu aku membranding diriku sebagai Motivator Semarang - Motivator Indonesia - Motivator Jogjakarta, Motivator Solo. Dan beberapa waktu yang lalu sebelum Pandemi Covid-19 - aku berkesempatan memberikan Training Motivasi ke beberapa perusahaan, kementrian, dinas sosial dan lembaga -institusi lainnya. 

Bulan Juli-Agustus 2023 ini- aku berkesempatan memberikan Privat Coaching public speaking untuk keluarga CV Ariati Semarang - Produsen Luhur Cosmetic. Pertemuan dilaksanakan dalam 4 sesi @2jam sesuai kesepakatan -tiap Sabtu siang . 

Bisa terbayang kan? Bagaimana mempertemukan anggota keluarga dengan kesibukan masing-masing yang sangat berbeda, dari yang kuliah, direktur sampai komisaris perusahaan? Meskipun begitu, Alhamdulillah semuanya dapat terlaksana dengan sangat baik, berkesan. 

PRIVAT PUBLIC SPEAKING DI PERUSAHAAN 

Aku memacu mobil Taruna dari Perum Sinar Bukit Asri mengikuti Map yang dibagi oleh Kak Rima (Beauty Consultant) menuju lokasi kawasan industri di Banjardowo Genuk Semarang. Sekitar 30 menit akhirnya aku sampai di sana dengan gerbang perusahaan yang tertutup rapat. Aku ingat ini Sabtu jam12.45 pasti para Karyawan sudah pada pulang. 

Aku mengetuk gerbang dan membukanya perlahan, aku hampiri Bapak-bapak yang sedang santai dengan pakaian ala tukang, aku sampaikan ada janji dengan kak Rima di sini, dan meminta ijin untuk memasukkan mobil ke dalam perusahaan. 

Tidak lama, datanglah dua mobil menyusul masuk, satu per satu turun dan menyalami menyambut aku, silakan masuk. Ternyata beliau adalah Bapak/Ibu keluarga Kak Rima, yang merupakan peserta privat dengan lokasi di Perusahaan yang baru dibangun, dan sedang dalam tahap pengajuan BPOM- Katanya. 

Kami masuk ke ruang Training yang meruapakan ruang rapat, aku buka dengan perkenalan diri, dan lanjut sharing dengan menunggu kak Rima dan Suaminya datang. 

Family Coaching di CV Ariati 

Pertemuan kedua membahas opening public speaking, dengan setiap peserta praktek dengan menggunakan cerita masing-masing. Mas Arifai memilih cerita yang berasal dari Neneknya,  Beliau cerita tentang masa kecil dengan nenek- bahwa orang-orang jaman dulu meramalkan akan datang masa Gantrung besar di langit dan kentut (Pesata Jet yang diibaratkan Capung). 

Mbak Gulies sharing bagaimana dirinya adalah anak yang patuh kepada Ibunya, bahkan ikut training kali ini -merupakan perintah dari Ibunya. Selanjutnya beliau sharing tentang anak-anak gadisnya. Aku sarankan untuk bicara dengan tersenyum, latih terus dan rileks. 

Khusus MAs Gestha yang menjadi bintang public speaking karena dia merupakan peserta paling muda, dan lucu, kuliah jurusan kedokteran di Unisula. Aku sampaikan kalai Steve Job itu : melakukan persiapan Public Speaking selama 90 hari - 30 hari pertama riset materi, 30 hari ke-2 membuat powerpoint dan 30 hari ke-3 melatihkan presentasi dengan powerponnya sehingga hasilnya powerfull. 

Ilyas Afsoh - 0821.4150.2649 

Back to Top