-->

PIDATO HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER


Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November merupakan momen sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, saat ketika pertempuran antara pemuda nusantara, para santri yang digerakkan dengan resolusi jihad KH Hasyim Asy-ari, "Wajib hukumnya melawan dan mengusir penjajah, Fardlu AIN Membela tanah air," 

dalam menyusun pidato Hari Pahlawan penting diperhatiakan siapa pendengar pidato Anda, Apakah seluruh rakyat Indonesia, warga satu sekolah,  atau Pidato lomba dengan peserta dari sabang sampai merauke dengan bahasa inggris? 

Contoh Pidato Standart Sekolah

Assalamualaikum wr. wb 

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua 

Yang Terhormat bapak kepala Sekolah. 

Yang kami hormati bapak/ibu guru sekolah

serta teman-teman yang saya banggakan, 


Mari kita awali dengan mengucapkan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Taala atas limpahan rahmat, nikmat, hidayat dan anugerahNya sehingga kita dapat memperingati hari Pahlwan di tahun 2024 ini. Hari Pahlawan memilik makna yang sangat penting dalam kehidupan bangsa dan negara, mari saat ini kita lihat hari pahlawan dalam tiga sudut pandang. 

Sudut Pandang Pertama yaitu asal mula terjadinya Hari Pahlawan, Sudut pandang kedua yaitu saat ini, dan sudut pandang ketiga yaitu Hari Pahlawan di Masa Datang !

Mari kita tengak sejarah dan perjuangan para Pahlawan di masa-masa perang dengan penjajah, ingat ketika Seorang jenderal perang inggris - Malaby_  terbunuh di Surabaya dengan senjata paling mengerikan di dunia - bambu runcing, Ingatlah bahwa bangsa kita bukan bangsa yang lemah, kita bangsa kuat terbukti dengan pekik merdeka di tanggal 17 Agustus 1945, pekik Takbir Allahu AKbar dari Bung Tomo memberikan komando kepada para Santri. 

Teman-teman yang saya cintai, Ingatlah darah yang ada di dalam tubuh kita merupakan darah pemenang, kita kuat hebat, dan tidak pernah menyerah mendapatkan kebebasan dan kemerdekaan yang sekarang kita syukuri dan nikmati. 

Dulu kita pernah dijajah, ditakut-takuti penajah, dibuat bodoh, dilarang sekolah bahkan sejarahpun diputar-balikkan, ingat dan perhatikan bahwa ada para pengkhianat yang membela penajah, dan para pahlawan tidak pernah berkhianat kepada bangsa dan rakyatnya. 

Hari ini kita merdeka, bebas berekspresi, Stop dijajah, lawan berbagai bentuk penjajahan di Indonesia, penajajahan berpikir, pembodohan, berita bohong (hoaks), dan propaganda yang dibentuk melalui media masa, media daring, dan media apapun offline - online. 

Teman-teman yang saya banggakan!

Masa depan merupakan zaman memanen dari apa yang kita tanam hari ini, ingat pepatah bijak, "Menanam hari ini, menuai esok hari," Maka tanamlah kebajikan, tanam sifat kepahlawan melalui tindakan nyata bekerja keras, menjadi expert dan ahli dibidang kita, kuasai bahasa asing, cintai budaya dan kultur nusantara, miliki jati diri bangsa! Kita bangsa besar dan hebat, Leluhur kita pernah jaya mari kita teruskan kejayaan kita dengan karya terbaik dengan menjadi pribadi terbaik di Bidang kita. 

Teman-teman yang saya cintai!

Setiap kita adalah pahlawan, dalam tubuh kita mengalir darah pahlawan , darah para pemberani melawan ketidakadilan, menegakkan kebenaran untuk hidup bebas dan merdeka saling mencintai- saling menyayangi, semangat untuk hidup damai dalam peradaan tertinggi umat manusia. 

Pesan terakhir saya untuk kita semua, 

mari kita praktekkan jiwa kepahlawan dalam diri kita dengan melakukan hal-hal mudah yang dampaknya besar : 

1. Buang sampah di tempatnya, jaga kebersihan - bersih diri,, pikiran, lingkungan, 

2. Buang Niat Jahat menjadi maling di negeri ini, - STOP KORUPSI ! Pahlawan tidak mengorbankan kepentingan orang lain demi kepentingannya sendiri 

3. Jadilah Pahlawan ! dimulai dengan bertanggung jawab terhadap hidup kita masing-masing, menjadi pribadi Unggul, dan Jago berkomunikasi. 


ILYAS AFSOH - 0821.4150.2649


Back to Top