Public Speaking adalah (A TO Z)

Pengertian Public Speaking per kata adalah sebagai berikut : Public artinya umum, Speaking artinya berbicara, apabila digabung kurang lebih maknanya "berbicara di depan banyak orang (umum) secara terstruktur dan sistematis untuk menyampaikan maksud-tujuan kepada pendengar". Bentuk-bentuk Public Speaking berupa presentasi, pidato, ceramah, mc, moderator, dialog dengan audiens lebih dari 1 peserta (baca : banyak orang).

Tidak Peduli Siapa diri Anda di Masa Lalu,
Entah Apapun Kepribadian Anda,
Bicara dapat Menjadikan Hidup Anda Lebih Baik, Anda dapat meraih Lebih. 


8  Hal Utama Pembentuk Brand Pribadi Super melalui Public Speaking :

  1. Menerobos dan Tampil Menonjol
    Tampil Cemerlang - Bersinar diantara kerumunan banyak orang rata-rata, tampil secara tatap muka dan tampil secara online. 
  2. The Person to SeeKuasai kemampuan Yang Membuat orang lain datang dan mencari Hanya Menemui Anda
  3. Rancang Strategi Pengembangan Brand Anda
    Gagal Merencanakan artinya Berencana untuk gagal.
  4. Laksanakan poin (3) dengan Disiplin
    Siapa yang tidak bersungguh-sungguh, akan dipaksa untuk mengulangi lagi dari awal.
  5. Knowing Earlier
    Mengetahui lebih dahulu sebelum yang lain. 
  6. Memasarkan Brand Pribadi Secara Praktis dan Berdampak
    Terus menjaga kehadiran kita di pasar.  
  7. Anda Ingin dikenal Sebagai Pembicara Apa?
    Apa berita utama Anda kepada dunia? Kualitas murni, bukan semata-mata janji positioning  
  8. Gigih dan Inovatif
    Siapa tekun menanam pasti panen, dan siapa yang mampu beradaptasi dengan perubahan maka dia menjadi pemenang dan pemimpin dunia. 
Branding dibentuk melalui dua komponen utama yaitu berbicara dan menulis.Bicara menyumbang 50% dan writing memenuhi 50% yang lainnya. Variasi skill lainnya yaitu story telling, kemampuan bercerita yang dapat diletakkan dimanapun Anda bicara, di opening - isi atau closing. Kenapa Cerita? Karena cerita mengajak pendengar untuk berasosiasi - terlibat. Misal, ketika Anda membaca masa kecil, masa kanak-kanak, apa yang muncul dalam benak Anda? APakah Anda langsung mengakses pengalaman ketika masih anak-anak? Yes? Itulah kekuatan Cerita. 



Macam Public Speaking dalam praktek di lapangan terbagi menjadi 4 bagian yaitu impromptu, manuscript, memoriter dan ekstempore.

1. Impromptu (dadakan) : Jenis presentasi yang dilaksanakan secara mendadak tanpa persiapan, langsung ditunjuk, mengenai suatu topik tertentu kepada pendengar yang hadir. Hal ini bukan masalah bagi public speaker yang mengusai trik-triknya dan akan panas-dingin bagi orang yang tidak terbiasa berbicara.

Di kelas Sekolah Public Speaking IA Institute diajarkan teknik berbicara tanpa persiapan menggunakan WIFLE (What I Feel Like Expression) terdiri atas 3 Poin utama :
a.
Ungkapkan perasaan Anda saat ini, bahagia, senang, sedih, gembira, atau perasaan gugup karena diminta bicara mendadak tanpa persiapan.
b. Kabar Gembira atau kisah sukses Anda - boleh kebahagiaan dari indutri - organisasi Anda
c. Harapan yang akan datang - dari pembicara.

Video Praktek WIFLE

2. Manuskrip (Naskah) merupakan praktek presentasi kedua dari public speaking dimana pembicara menyampaikan informasi dengan membaca naskah dari teks. Bagi Anda yang terbiasa bicara mengandalkan teks ketika pidato maka saran kami untuk menyempatkan waktu ambil kelas di kursus public speaking online atau offline - demi meningkatkan skill bicara Anda.

Kursus Public Speaking di Indonesia : Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Lampung, Yogyakarta, Bali Denpasar, Surabaya Gresik dan kota-kota lainnya akan membimbing Anda melewati gaya manuskrip ketika berbicara, entah Anda direktur utama atau pejabat publik.

3. Memoriter (Menghafal) adalah Jenis presentasi dari pembicara publik dengan menggunakan hafalan dari poin-poin naskah yang telah disiapkan. Menghafal menjadi proses awal bagi Anda yang belum terbiasa melakukan presentasi, dan jam terbang menjadi kunci sampai Anda menguasai materi yang Anda sampaikan, Tips menghafal ini menjadi dahsyat ketika Anda mengulang-ulang sehingga Anda benar-benar ekspert di luar kepala seperti Trainer Public Speaking yang mengajar materi yang standart.

Public Speaking Online Indonesia yang dikelola oleh IAIPS Training and Coaching memantau perkembangan peserta dari minggu ke minggu sesuai tugas yang diberikan, jadi peserta Online Workshop dapat menghafal selama 7 hari sebelum menyampaikan presentasi di kelas online.

4. Ekstempore secara teori Public Speaking Course merupakan pilihan terbaik. Public Speaker mempersiapkan garis besar berupa poin-poin utama kemudian dijabarkan secara detail dalam presentasi.

Les Public Speaking di Jakarta secara Online merupakan praktek ekstempore terbaik bagi peserta pelatihan yang super sibuk bekerja di kota besar. Dan hal ini kami kembangkan menjadi Les Publc Speaking Jakarta Selatan, Barat, Timur, Barat sampai Les Online Public Speaking Papua.

Opening Public Speaking 

Public Speaking Jogjakarta (Jaringan IAIPS) membagi pembukaan public speaking menjadi dua hal utama, yaitu secara teknik praktis bicara dan secara internal map pembicara. Di artikel ini kita akan kupas dari sudut pandang public speaker. 

Buang Energi Negatif

Permasalahan public speaking itu galau, gugup, grogi, gemetar, gagap, takut, lupa sehingga blank padahal sudah membuat persiapan. Galau itu terjadi ketika seseorang mendapat kabar akan bicara di depan banyak orang, Gugup dialami di hari h ketika harus bicara, tanda gugup terlihat dari sakit perut, berkali-kali ke belakangbuang air kecil, berkeringat dingin. Grogi ketika sudah naik panggung dan pegang mikrofon, Gagap terjadi ketika seseorang gagal mengelola perasaan emosinya, dampaknya pembicara jadi lupa dengan semua materi yang disiapkan.

Solusi menghilangkan permasalahan di atas dengan membuang energi negatif melalui tapping (ketuk-ketuk). Bahwa memori itu tersimpan di pergerakan sel, maka memori yang kurang memberdayakan di atas diketuk-ketuk di bagian tubuh dimana memori tersebut berada. Caranya - akseslah perasaan gugup, takut, blank nya - Anda akan merasakan sensasi tertentu di tubuh Anda, Nah sensasi tersebut mulai diketuk-ketuk dengan lembut. Praktek ketukan buang emosi negatif ada di video youtube berikut ini :



Teknik lainnya Anda dapat terapkan hypno_public speaking (hipnoterapi percaya diri ketika berbicara di depan umum). Caranya melalui relaksasi fisik, relaksasi fikiran kemudian sugesti dan program PD dimasukkan ke pikiran bawah sadar klien.

Hypno-public speaking menjadi standart baru dalam public speaking yang dipelopori oleh Ilyas Afsoh Institute di setiap Workshop public Speakingnya. Khusus bagi klien yang mempunyai trauma sosial, anxiety disorder maka penanganannya secara khusus di kelas Privat Public Speaking - dimana pendampingan secara one -on - one memantau perkembangan klien minimal 8x pertemuan.

Private public speaking memberikan dampak yang bagus bagi klien dengan kebutuhan khsusus, misalnya anggota DPR, pejabat daerah, supervisor accounting yang persiapan meeting tahunan, siswa sekolah atau mahasiswi persiapan sidang skripsi. Berikut video sukses melampaui Gugup Grogi Takut Blank Public Speaking menjadi pembicara favorit di event tahunan :


Neuro-Linguistic Programming membuat Percaya Diri 

Saya mendapatkan teknik NLP dari Pak Khrisna berupa garis imajiner, yaitu membayangkan antara panggung dan tempat duduk kita ada garis yang tidak terlihat - garis yang kita ciptakan sendiri dalam peta mental kita. Ketika kita dipanggil ke atas panggung untuk bicara :
1. Langkahkan kaki kanan melewati garis imajiner
2. Secapat kilat kita arahkan semua emosi negatif ke tumit kaki kiri yang berada di belakang garis imajiner
3. Saat melangkahkan kaki kiri menyeberangi garis tersebut, secepat kilat pula tinggalkan semua muatan negatif di belakang garis - dalam hati bilang, "Hai semua hal-hal negatif, tinggallah di belakang garis, jangan ikuti aku,"
4. Senyum dan mulai bicara dengan lancar.

Tes Fokus Audiens Anda

Sertifikasi public speaking yang pernah saya ikuti mengajarkan tes konsentrasi untuk mengarahkan perhatian pendengar kepada pembicara. Uji fokus diantara dengan menirukan gerakan melalui gosok-gosok telapak tangan dengan isntruksi tertentu. Gosok-gosok tangan pegang pipi, telinga dan dahi. Akhir permainan peserta tertawa karena sengaja instruksi dibuat salah. Apabila pendengar tersenyum gembira maka lebih mudah membuat suasana public speaking lebih hidup dan pesan masuk ke pikiran Audiens.

Permainan merupakan cara asyik membuat peserta enjoy, bahagia dan bersedia mengikuti materi public speaking tanpa bosan. Yang penting Anda paham dalam suasana formal, informal, nonformal atau semi formal.  Permainan sebagai tes fokus membuat audeins bergerak aktif da tidak duduk diam bosan lalu mengantuk atau pergi meninggalkan Anda yang sedang bicara di podium.

Sebagai pembicara Anda boleh menghadirkan tes visual dengan menampilkan gambar apakah yang ada di slide ini menurut persepsi Audiens Anda. Dan terkejutlah betapa jawaban Audiens sangat beragam bergantung latar belakang, peta mental masing-masing. Anda dapat memunculkan gambar ambigu untuk memicu kreativitas peserta.

Pembicara yang baik  mengajak interaksi peserta untuk bersuara juga, misalnya dengan question tag, "ya atau ya?" atau sapaan "Apa kabar Bapak-Ibu?" "Bagaimana Kabar Kalian Guys?" Atau pertanyaan standart yang jawabannya bikin peserta minimal tersenyum, "Sudah Makan?" Dan pertanyaan di tengah presentasi yang jawabannya bisa jadi stop, ketiak Anda bertanya, "Lanjut?" Bersiaplah menghadapi hal tak terduga.

 Interaksi yang sangat umum dalam public speaking melalui pertanyaan," Apa tujuan Anda hadir dalam pertemuan Pak? Sebutkan Nama, Asal, Profesi, Terimakasih,". Pertanyaan ini dapat ditanyakan secara langsung kepada seseorang atau kita minta peserta berpasangan dan saling berkenalan lalu ngobrol dengan pasangannya -  dan dapat ditambahkan pula, cari orang baru yang belum dikenal.


Dasar Penting Public Speaking 

Public Speaking Indonesia sepakat dengan quotes " Great Speakers Aren't Born, They Are Trained," Yang artinya Melakukan presentasi merupakan sebuah keterampilan yang dapat dikembangkan melalui pengalaman dan pelatihan.

Kuncinya ada (2) :
1. Pengalaman
Pengalaman bicara di hadapan sekup kecil-group kecil 5-10 orang, berlanjut 20 orang, 100 orang, 300 orang, 1.000 orang hingga 7.000 orang. Lakukan dengan bertahap.
2. Pelatihan
Siapa yang berkeringat dalam latihan maka dia tidak akan berdarah-darah dalam pertempuran. Pelatihan public speaking di Lembaga -lembaga training formal atau sesi privat training kelas bicara

Dasar Public Speaking ini siperkuat dengan teori L-P-L-P-L yaitu Lakukan - Perbaiki -Lakukan - Perbaiki - Lakukan dan terus berulang-ulang antara Pelatihan dan Pengalaman.

Basic Public Speaking yang benar ketika dipraktekkan oleh orang-orng hebat seperti para tokoh nasional dan dunia maka dampaknya tidak sederhana. Berikut kami paparkan uang yang didapat oleh pembicara professional : Sebutlah Mr Anthony Robbin dengan pengahsilan $ 1 Milyar, Ary Ginanjar Rp 1 Milyar, Tung Desem Waringin, Mario Teguh, Meri Riana, Andrie Wongso, T Harv Ecker, Jay L Abraham, dan nama-nama besar yang pasti panjang jika ditulis.

Gambaran Awal bagi Anda yang menaruh minat di dunia public speaking : penghasilan pembicara per 3 jam Rp 15.000.000,- - Rp Rp 15.000.000,- Sumber dari OH Resources. Dan Penghasilan pemula rata-rata Rp 1.000.000 per Jam.  Semua itu merupakan praktek dari Dasar Public Speaker.

20 Kata Ajaib mengembangkan Public Speaking Anda :

  1. Ajaibnya
  2. Dashyat sekali 
  3. Wow 
  4. Tidak Disangka 
  5. Kabar baiknya 
  6. Dengan mudah 
  7. Secara Alami 
  8. Saya menyetujui 
  9. Tak Terbatas 
  10. Saya menghormati 
  11. Sadar - Sadari - Sadarilah 
  12. Dan 
  13. Saya Menghargai 
  14. Menyadari 
  15. Mengalami 
  16. Melampaui 
  17. Sesudah 
  18. Sebelum 
  19. Karena 
  20. Sekarang 
Buatlah 20 Kalimat pembuka dengan bantuan 20 kata-kata di atas untuk membuat public speaking Anda meningkat drastis dan berkembang lebih baik. Dari 20 Kalimat kembangkan menjadi 20 paragraf, gunakan imajinasi Anda, bebas-sebebasnya berkreasi dan praktekkan di depan banyak orang untuk melihat penguasaan kalimat Anda. 

Sebagai Contoh kata Ajaibnya, Betapa Ajaibnya Anda mampu membaca tulisan panjang 1.700 kata demi meningkatkan kualitas public speaking Anda, dan saya sangat menghargai upaya Anda menjadi pembicara terbaik yang mampu Anda wujudkan demi peningkatan kualitas hidup Anda. 

Tak terbatas contoh kata-kata yang dapat Anda ungkapkan di praktek merangkai kalimat panjang, entah sumbernya dari film kartun anak-anak atau Anda mencopy paste dari buku-buku pengembangan diri seperti Dale Carnegie. 

Karena sudah ada tiga paragraf sebagai contoh kalimat yang melibatkan tokoh public speaking Indonesia maka saya sudahi penjelasan 20 kata pengembangan skill dan tidak berusaha menuliskan iklan Pelatihan Public Speaker 2020 - 2021. 


Hakekat Komunikasi (Public Speaking) 

Public Speaking Surabaya IAIPS mendefinisikan Hakekat komunikasi merupakan koneksi antara dua otak, kemudian dikembangkan menjadi keterhubungan antara dua hati. Sementara Praktisi Public Speaking Gresik mengutip Unconsciouness Connectedness (Keterhubungan pikiran bawah sadar). 

Meminjam istilah di provider telekomunikasi, Antara satu provider dengan provider lainnya dibagi menjadi jaringan GSM, CDMA, sinyal, frekuensi dan hal teknis lainnya. Contoh : telkomsel punya simpati, Indosat ada M3, Tri punya Tri dan Smartfren, Xl, Axis. Bahwa dahulu ketika seseorang menelpon atau sms akan bertanya nomor hp nya kartu apa? untuk mendapatkan biaya murah bahkan gratis. Seandainya beda kartu, tetap nymabung tetapi dampaknya biaya pulsa lebih mahal.

Hal di atas tergantikan dengan adanya WhatsApp (WA), saat ini orang-orang jarang berkomunikasi via telpon pulsa, lebih banyak beralih ke telpon wa- video call WA, apalagi sekarang video call wa dapat diakukan ebih dari satu kontak - Teknologi semakin menarik dan membuat hidup manusia lebih mudah. 

Komunikasi jadi nyambung ketika frekuensi matching - cocok -pas. Seperti ketika ingin mendengar radio RRI, Radio Pass FM, Radio Mercury, radio Prambors, atau melihat siaran TV Nasional Indosiar, RCTI, SCTV, Trans, Kompas, Net. Ajaibnya, sekarang kita dapat mendengar radio streaming dari seluruh dunia, dan streaming tv gratis dari seluruh dunia. Bahkan TV lokal TV9 Surabaya dapat diakses dari seluruh dunia menggunakan USeeTV secara gratis, modal kuota Indiehome.

4 Hal Agar Komunikasi Nyambung dengan Orang Lain 

1. Tertarikah secara tulus kepada orang lain, dengarkan orang lain yang bicara dengan kedua telinga Anda dan dengarkan dengan seksama dengan kedua mata Anda. Perhatikan ketika seseorang bicara, sementara mata kita memandang sesuatu hal yang jauh maka kita akan dianggap tidak memperhatikan dengan benar. 

2. "Oooooo...." Sebagai respon terhadap penjelasan orang lain. Saat ini bila saya perhatikan banyak orang lapar didengarkan daripada mendengarkan, ada banyak ego yang ingin dilampiaskan dengan bicara. Kita dapat mensikapinya dengan bijak. 

3. "Terus," Merupakan kata yang disukai seseorang ketika berbicara dan dengan Antusias ia akan melanjutkan ceritanya dengan panjang dan lebar. Hal ini dapat Anda lakukan dengan sangat mudah, kecuali memang saat itu waktu Anda luang dan Anda ingin menjalin komunikasi dengan seseorang di hadapan Anda. 

4. Jadikan kalimat terakhir menjadi sebuah pertanyaan, wujud penasaran Anda kepada partner bicara Anda. Misalnya seseorang bicara, Minggu kemarin saya belajar di kelas public speaking online," Maka respon kita, "Online..?" dengan mimik wajah penasaran. 

Empat hal ini ampuh ketika saya praktekkan dalam pergaulan sehari-hari. SAya mendapat banyak input dengan cara ini, mendapat ilmu-ilmu baru yang saya butuhkan, inormasi update tanpa susah payah denagn filter tentunya- tidak asal telan. 

Hal kelima yang dapat ditambahkan dalam komunikasi dengan seseorang agar asyik menarik melalui bertanya sesuatu, tanyakan tentang info ipoleksosbudhanka : ideologi, politik, ekonomi, sosial, bidaya, pertahanan dan keamanan. Dalam wilyaha lokal, atau nasional bahkan internasional seperti China dalm menghadapai Covid 19 - Corona, atau respon Prsiden Jokowi menerbitkan darurat kesehatan terkait pandemi global - psbb - social distancing hingga Work from home. 

Hal keenam Anda dapat memancing berbicara tentang tokoh, misal Pangeran Diponegoro perang di tahun 1825-1830 melawan penjajah Belanda, KH HAsyim Asy-arie Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Oraganisasi islam terbesar di dunia, sejarah berdirinya Muhammdiyah KH Ahmad Dahlan, hingga Paus Benedictus IV, Sang Budha Sidharta Gautama, Yesus, Hingga Dajjal Akhir Zaman. 

6 Sikap Negosiasi dalam Public Speaking 

Ada enam Strategi dalam negosiasi public speaking yang wajib dipahami oleh komunikator ulung, saya tuliskan secara singkat di artikel ini : 
  1. Kepekaan Emosional
    Tenang menghadapi situasi negosiasi, sikap emosional dapat merusakpembicaraan, usahakan kepala dingin, ketenangan membuat kita mampu melihat dari segala sudut persepsi.
  2. Hubungan
    Fokus Negosiasi pada hubungan baik, kita tidak pernah tahu jika suatu saat lawan kita akan jadi partner potensial kita di masa depan dengan suasana berbeda. 
  3. Tujuan yang Jelas
    Fokus pada tujuan yang ingin Anda raih, bukan pada siapa yang benar-salah. tengkan diri Anda dengan mengambil nafas bahkan hanya 5 detik sekalipun.
  4. Bersikap Selangkah demi Selangkah
    Temui sang pengambil keputusan, di setiap kelompok ada sosok dominan. 
  5. Melihat tiap situasi sebagai sesutau yang berbeda, menjadikan kita lebih persuasif. 
  6. Hargai Mereka,
    Mereka Juga Manusia, Akui posisi serta kekuatan pihak lawan.   
The Map is not The Teritory - Peta Bukanlah Wilayah
 Pahamilah pola pikir seseorang, coba masuk ke persepsi orang lain. Salah memahami peta, berakibat pada konflik, dan itu hal yang melelahkan, menghabiskan energi tanpa efektifitas yang bagus.
Contoh :
Seorang Manager memberikan tugas kepada drivernya untuk naik ke lantai dua mengambil fax dari Jakarta. Maka Sang Driver naik ke lantai dua, masuk, bilang permisi dan mengambil mesin fax dengan alasan diperintah oleh Manager. Orang-orang di lantai dua merasa heran, tetapi dibiarkan saja, pasti ada maksudnya.

Sampai di bawah, driver dimarahi oleh Manager.

"Mas Aku nyuruh kamu ambil apa?"

"Fax Pak,"

"Yang kamu ambil apa?"

"Ya mesin fax Pak,"

"Mas, maksudku itu kertas yang di fax, bukan mesinnya,"

"Bilang dari awal dong Pak, biar gak kerja dua kali,"

Dalam kasus di atas, tidak ada yang salah, sebab masing-masing menggunakan peta internalnya. Di sini leader yang diharapkan bijaksana untuk memahami peta pikiran dari bawahannya melalui validasi, "apakah kamu paham apa maksudku?"


Contoh ke-2
Bu Ananta (Owner Printer Joksi Indonesia) memiliki seorang pekerja dari desa untuk membersihkan kantornya di Jalan Fatmawati Jakarta Selatan. Di hari pertama kerja, Bu Ananta memberi perintah ,"Mbak tolong ini spare part printer diberesin ya?"

"Siap Bu," Jawab Mbak Vivi

Seminggu kemudian bu Ananta datang, dan bertanya kepada Vivi, "Dimana Mbak Spre part kemarin?"

"Sudah saya bereskan Bu,"

"Bagus, Taruh dimana?"

"Saya Jual ke tukang rosok,"

$%^&*(&*()_+_)(*&^%$#@#$%^&
Seketika bu Ananta Lemas karena Spre part printer itu sangat dibutuhkan untuk kliennya.

 Contoh ke-3
"Please Burn this CD," (Tolong Bakar CD ini) Perintah Direktur kepada Sekretarisnya,

"Yes Sir," Sekretarisnya ke belakang kantor ambil bensin dan membakar CD tersebut. Padahal maksud Burn /Bakar adalah Copy (Gandakan).

Satu jam kemudian, Direktur menelpon.
"Where is the result," (Mana Hasilnya)

"Yes Sir," (Ya Pak), Sambil membawa abu bakaran CD ke ruang Direktur.
Dapat Anda prediksi bagaimana kekacauan yang diakibatkan salah persepsi?

 We Cannot not Communicate 
Kita tidak dapat tidak berkomunikasi, Artinya kita pasti berkomunikasi, baik komunikasi verbal secara langsung maupun komunikasi non verbal melalui mimik wajah, gerakan tubuh, pakaian, minyak rambut, kendaraan yang kita pakai dan hal lainnya.

Komunikasi terbagi menjadi dua, komunikasi internal (Yaitu kita berbicara dengan diri kita, apa yang kita lihat bayangkan dalam benak kita, yang kita rasakan terkait dengan diri sendiri), berikutnya komunikasi ekternal yaitu kita berkomunikasi dengan orang lain di luar kita, melalui interaksi langsung atau melalui media seperti telepon dan media sosial (internet).

Dalam berkomunikasi berfikirlah secara berbeda dari kebanyakan orang, berikan respon unpredictable sehingga humor tercipta dan hubungan menjadi cair, tidak kaku, jika a maka b. Lihatlah acara stand up commedy yang memunculkan kelucuan-kelucuan karena hasil akhir yang tidak dapat diprediksi atau berlawanan dengan pola pikir audiens secara umum.

Humor dapat dipelajari karena ada pola-polanya. Humor memperlancar komunikasi, pesan dari humor : Hidup jangan terlalu serius, atau Anda jadi idiot.  Tantangan saya kepada Anda pembaca artikel ini, berkomunikasilah dengan siapa saja hari ini dengan mengucapkan, "APA KABAR, Dahsyat," Lalu jadikan sapan tersebut menuju kepada humor.

Pastikan komunikasi kita berdampak, dimulai dengan komunikasi efektif kepada anak-anak, istri, mertua, orangtua, saudara, ipar dan keluarga besar lainnya. Lanjut Komunikasi kepada pasar yang kita tuju, misal kita hendak menjual Public Speaking Training untuk pejabat tentu beda bila menjual Training privat public speaking untuk professor Universitas Sebelas Maret Solo Jawa Tengah, lebih-lebih jual training percaya diri melalui life coaching kepada keluarga presiden Joko Widodo.



Be Charismatic !

 Jadilah pribadi berkharisma dalam negosiasi dan public speaking. Karisma artinya kita siap memberikan manfaat ketika bertemu banyak orang baru di setiap pertemuan. Fokus kepada solusi bukan kepada kekurangan kita, bukan pada kita tinggal di perumahan sinar bukit asri kedungmundu dengan ukuran rumah 12x5m di RT 16, bukan pada lulusan UMAHA Sidoarjo Teknik Industri, atau hal lain yang tidak memberdayakan.

Untuk mengembangkan kemampuan negosias dan public speaking Anda carilah rekan-teman-kenalan baru dalam sebulan ini minimal Anda mendapat 20 orang baru, dengan target minimal 1 hari- 1 orang baru. Kemudian atur agar perkenalan tersebut meningkatkan kemapuan bicara Anda.


Karisma juga penting dibangun melalui komunikasi visual sebagaimana foto ini ditampilkan, bagaimana kita membayar fotografer professional, angle yang tepat memunculkan pesona kita, dan tata letak tulisan, padu padan warna serta font penyusun iklan Online Public Speaking Training.

Melalui gambar tersebut saya ingin menyampaikan dua hal kepada Anda :
  • Bagaimana Anda memahami iklan ini? Seperti apa persepsi Anda? Apa yang Anda pikirkan- rasakan berkaitan dengan foto saya di gambar? Bagaimana ketika kita bertemu di workshop kelas Public Speaking Surabaya? 
  • Apakah Gambar ini penting untuk Anda?
    Ide apa yang muncul ketika Anda melihat gambar ini?
    Apakah Gambar ini mengantarkan Anda pada tujuan Anda membaca Artikel "Public Speaking adalah seni berbicara Wikipedia?" 
 Komponen pembentuk Karisma diantaranya senyum, karena itu saya pasang foto saya senyum di gambar di atas. Senyum tulus, senyum manis, bukan senyum palsu. Senyum yang hadir dari dalam hati untuk memberi solusi dan manfaat kepada sesama dan sebanyak mungkin pribadi yang dapat dijangkau.

Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah orang yang kita cintai - Raden Ajeng Kartini  

 Pribadi berkarisma berbicara dengan tepat, negosiasi handal dengan menggunakan dua belahan otak (kanan dan kiri). Berikut manfaat yang dapat diberikan oleh pribadi kharismatik :
  • menyelamatkan pernikahan 
  • mendapat pekerjaan yang lebih baik 
  • dibayar lebih mahal
  • menjadi pembicara public speaking  terbaik Indonesia
  • membujuk orang tua untuk berobat ke dokter atau hipnoterapis Indonesia
  • membuat anak-anak patuh tanpa kekerasan
  • mendapat tambahan diskon - jika mau
5 Cara menjadi Pribadi berkarisma sepanjang waktu :
  1. Punya Standart Karisma
  2. bersikap Gigih 
  3. memiliki pertanyaan yang lebih baik 
  4. jago membina Relasi 
  5. Pendekatan Selangkah demi Selangkah 
Pembicara berkarisma dapat membedakan dua hal :
* Saya seorang pembicara
* Saya Seorang Pembicara Professional dan Berkarisma 


Latihan Praktek : Game Otak Kiri
1. Ceritakan 10 Hal Penting dari Seseorang yang tiba-tiba saat ini muncul di hati Anda
2. Ceritakan 10 Kejaidan hebat yang pernah Anda alami di masa lalu 
3. Menurut Anda pasangan Anda itu orangnya seperti apa ketika berbicara? Dan bagaimana caranya agar dia bicara dengan lebih baik lagi ? Kalau Anda belum menikah, Seperti apakah pasangan ideal menurut Anda? 

Latihan Praktek ke-2 : Dengan Membaca Pidato berikut ini : 


DIRGAHAYU REPUBLIK  INDONESIA MERDEKA
Yang terhormat Bapak Kepala desa
 Yang terhormat Bapak Ketua RW 01
 Yang terhormat Bapak Ketua RT 16
 Dan hadirin sekalian yang berbahagia. 

Merdeka !
Puji syukur kehadirat Gusti Allah SWT. Atas limpahan rahmat-Nya, pada hari ini kita semua   diberi kesempatan untuk  memeriahkan HUT RI yang ke... dalam keaadaan penuh syukur, sehat dan bahagia. 
Kita semua berharap dengan peringantan ini menjadikan kita terus meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, terus meningat jasa para pahalwandengan mendoakannya
Bapak Ibu yang kami muliakan, Mengenang perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia maka terlintas jelas dalam benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat mengorbankan harta, nyawa, tenaga dan segalanya demi anak cucu merdeka dan hidup bermartabat sebagai bangsa.   
Perjuangan wajib kita lanjutkan, Kita amalkan Semua Sila Pancasila dalam kehidupansehari-hari mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera dalam Rahmat dan lindungan Gusti Allah SWT dalam semangat gotong royong, bersatu padu rukun agawe santoso. Crah agawe bubrah.
Anugerah  Kemerdekaan Indonesia sebagai warisan para pahlawan wajib  diisi dengan memajukan masyakarat tanpa mengenal kepentingan pribadi dan golongan.  Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat rela berkorban demi kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan Nasional.  Maka kita hendaknya  meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara, dan cinta tanah air. 
Merdeka !
Sekali Lagi Merdeka ! Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam perjuangan cita-cita kemerdekaan. Tentu kita berharap agar bangsa Indonesia tercinta ini mencapai kehidupan yang adil dan makmur merata dari Sabang sampai Merauke berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan berkat dan restu Tuhan sendiri, tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia.
Akhir kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini. Dirgahayu Indonesiaku ! Merdeka. 
Waasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu
IAI PUBLIC SPEAKING INDONESIA 

Latihan ini boleh dikirim ke https://wa.me/6282141502649 


Latihan Praktek ke-3 : Game Otak Kanan
Kirmkan satu video Anda sedang bernyanyi dengan durasi minimal 3 menit atau Saat Anda bersholawat Nabi bagi Yang muslim atau saat Anda membaca doa menurut Agama dan keyakinan Anda, bagi yang Chinese : boleh kirim bernyanyi lagu Mandarin, 

Latihan Praktek ke-4 : Baca Puisi Gus Mus 

Ibu Kaulah gua teduh tempatku bertapa bersamamu sekian lama Kaulah kawah darimana aku meluncur dengan perkasa Kaulah bumi yang tergelar lembut bagiku melepas lelah dan nestapa gunung yang menjaga mimpiku siang dan malam mata air yang tak brenti mengalir membasahi dahagaku telaga tempatku bermain berenang dan menyelam Kaulah, ibu, laut dan langit yang menjaga lurus horisonku Kaulah, ibu, mentari dan rembulan yang mengawal perjalananku mencari jejak sorga di telapak kakimu (Tuhan, aku bersaksi ibuku telah melaksanakan amanat-Mu, menyampaikan kasih sayangMu maka kasihilah ibuku seperti Kau mengasihi kekasih-kekasihMu .Amin)
Setelah Anda menyelesaikan latihan Game Public Speaking, kita akan fokus membahas Suasana Asyik "ON" di dalam ruangan presentasi Anda. Pastikan membawa pendengar dalam kondisi gembira, bahagia, antusias, interaktif. Rasa senang membuat pesan Anda mudah diterima oleh Audiens, sementara kondisi peserta lapar, depresi, hatinya tidak nyaman membuat materi presentasi tidak diserap sempurna. 

Inti Public Speaking ada 4

  1.  Pembukaan
    Cara membuka public Speaking ada 8 cara yang wow - berdampak dan tidak terlupakan pendengar Anda. Cara paling mudah adalah dengan mengucapkan Salam - Assalamualaikum wr wb, selamat pagi, dst, perkenalkan diri, nama, alamat, profesi dan tujuan hadir sebagai pembicara. Lebih detail akan saya ulas dalam uraian di bawah ini. 
  2. ISI
    Bagaimana membuat isi pembicaraan urut, runtut, sistematis, terstruktur, tidak melantur kemana-mana. Tahu batasan waktu dan poin penting menyampaikan materi, penuh keyakinan, antusias, dan menginspirasi. 
  3. Penutup
    Anda dapat membuka dengan berkesan lalu tutuplah dengan berkesan. Dan Anda memenangkan hati pendengar Anda, melakukan action atas presentasi dahsyat Anda. Cara menutup standart banyak orang biasanya menggunakan kalimat -akhir kata mohon maaf dan terimaksih wassalam. Baca di poin Closing agar lebih greget penutupan presentasi Anda.
  4. Latihan
    Tingkatkan kemampuan Anda dengan memberikan feed back atas praktek Anda di lapangan, rekam penampilan Anda kemudian evaluasi untuk perbaikan. Latihan sendiri, latihan di jalan raya, latihan di kelas-kelas kecil, latihan di workshop inhouse training. 



 8 Cara Membuka Public Speaking 

3 Menit pertama sangat menentukan menit -menit berikutnya, apakah peserta Antusias mengukuti atau meninggalkan Anda di panggung sendirian, Atau Audiens asyik bincabg sendiri, mainan hape meunggu Anda selesai presentasi? Itu bukanlah hari yang asyik ketika Anda tidak dihiraukan banyak orang, karena itu gunakan cara-cara berikut ini demi memikat peserta : 
  1. Partisipasi Peserta
    Ajak peserta langsung berinteraksi dengan melakukan aksi-aksi menarik, misalnya saling sapa kanan-kiri, tos, kenalan, atau berdiri melakukan peregangan otot, brain gym / Senam Otak, buat seheboh mungkin. DIantara cara Saya menyapa Audiens, saya ajak mereka mengangkat tangan kanan lalu meminta mereka mengikuti kata-kata sakti dari saya:

    "Teman-teman, hari ini kita akan diskusi, jadi tolong ya- fokus -fokus -fokus, "

    Kemudian ganti angkat tangan kiri, pegang pundak kiri sebelahnya, tirukan kata-kata saya,

    "Ya - ya - ya, saya siap diskusi, jadi tolong ya, matikan handphone mu yang bagus itu,"
    .
  2. Atraktif
    Buka Public Speaking dengan atraksi yang asyik, boleh dengan permainan sulap, permainan stage hypnosis, atraksi meremas uang Rp 100.000, kuis bagi-bagi hadiah, gunakan kreativitas dan imajinasi Anda.
    .
  3. Sebuah Pertanyaan
    Pertanyaan yang memancing ketertarikan peserta untuk menjawab dan terlibat Aktif. Misalnya pertanyaan terkait waktu :
    Kapan saat yang penting?
    Siapa orang yang penting?
    Bagaimana sikap terbaik kita?
    ,
  4. Cerita
    Pembicara boleh membuka cerita dari pengalaman hidupnya, cerita fiktif seperti cerita air dan anak ikan, cerita dongeng negeri 1001 malam, Abunawas, cerita isnpiratif lainnya. Alasan menggunakan cerita bertujuan membuat peserta menjadi asosiatif dengan kisah yang dihadirkan sehingga penolakan audiens menjadi berkurang, faktor kritisnya menurun sehingga lebih mudah memasukkan inti pesan ke pikiran bawah sadar pendengar.

    Orang yang jago bercerita dapat mengaduk-aduk emosi pendengar menjadi haru, hanyut, menangis, hingga terbakar motivasi, dan terprovokasi.
    .
  5. Pujian Untuk Audiens
    Banyak celah untuk memuji Audiens, tonjolkan hal-hal baik, apakah pendidikannya yang Magister hingga doktor? Tempat kelahiran pahlawan nasional, prestasi unggulan dari pendengar, sikap ramah tamahnya, hingga ketulusan membantu tanpa pamrih, semangat pantang menyerahnya.
  6. Fakta Mengagetkan
    (Contoh 1)
    Pandemi virus Corona Covid-19 merupakan luar biasa yang mampu membuat kota-kota di seluruh dunia berhenti sementara, lock down, bumi memiliki waktu untuk menyembuhkan diri dari polusi karena pabrik-pabrik berhenti beroprasi sebab para pekerja harus dikarantina demi mengurangi penyebaran virus yang begitu dashyat telah merenggut banyak nyawa di seluruh dunia. Karena itu, melalui pertemuan ini saya ...........................

    Contoh ke-2
    Konon katanya manusia ketika kecil seperti Babi, tahunya hanya makan dan tidur, ketika remaja seperti monyet : hidupnya tidak jelas -teriak sana- sini, karena itu cinta remaja disebut cinta monyet. Konon ketika dewasa, manusia seperti kuda : bekerja keras sepanjang waktu tiada lelah. Dan ketika tua, manusia seperti Anjing : Menjaga anak kuda generasi ke-2.
    lalu kapan jadi manusia seutuhnya? Karena itu, saya Ilyas Afsoh melalui public speaking ini akan membimbing Anda menjadi mansia seutuhnya.
  7. Kutipan
    "Man Talatena Fanena"
    "1% imajinasi - 99% kerja keras,"
    "Selalu Ada Jalan,"
    "Selalu Ada harapan, harapan Ada selalu,"
    .
  8. Humor
    Contoh (1)
    "Kenapa kau begitu nurut dengan ucapan istrimu?"
    "Aku melihat Gusti Allah di dalam istriku, yang ngasih perintah itu Gusti Allah, bukan istriku,"
    " Sejak kapan kau jadi Gila?"
    " Ini cinta, bukan Gila,"  

Contoh (2)
"Satu... Dua... Tiga... Gooo..." Semua peserta lomba berlari, kecuali Joko. " Joko kenapa kamu diam saja?" "Bapak perintahnya yang lari nomor 1, 2, 3, saya nomornya Empat,"

Contoh (3)
" Pak, bagaimana saya dapat melupakan dia selamanya?" " Itu sangat mudah," " Caranya Pak?" " Jangan Pernah Mengingat dia," .

2. ISI PUBLIC SPEAKING

Ada tujuh cara untuk membuat konten dan konteks public speaking agar Anda terhindar dari kesalahan fatal bicara yaitu Anda terlalu banyak basa-basi, mengulang-ulang bahasan, poin-poin bahasan tidak jelas. Langsung saja kita ulas body nya :
  1. Teknik Presentasi Waktu Presenter membahas suatu poin menggunakan kerangka waktu dulu- kini - nanti. Agar tampak perbedaan kita berikan kurun waktu per 1o tahun. Misalnya Topik Pekerjaan. 10 tahun lalu pekerjaan masyarakay Indonesia banyak di pertanian, kemudian merambah ke sektor industri, Sekarang mulai marak orang bekerja secara online dengan koneksi internet, 10 tahun lagi kita prediksi akan muncul profesi-profesi baru yang belum ada saat ini, misalnya Program Pendampingan Menulis Pengalaman Hidup menjadi buku inspirati yang digagas oleh Coach Ilyas Afsoh.
  2. Teknik Deskripsi How to Jurus ampuh presentasi dengan menjelaskan langkah-langkah praktis bagaimana untuk ? Misalnya Bagaimana Bisnis Online di Internet? Caranya dapat kiat mulai dengan menjualkan barang dan jasa orang lain melalui blog dan sosial media, youtube yang langsung dapat dilakuakn melalui HP, atau dengan menjadi afiliasi EO Online menjual Training online Afsoh Institute. .
  3. Teknik Masalah dan Solusi Paparkan masalah terkait satu topik dan berikan solusinya. Contoh : Tidak semua orang dewasa saat ini menemukan jodohnya, hal ini karena banyak faktor diantaranya karena mobilitas pekerjaan dan biaya hidupbegitu tinggu, belum lagi menemukan pasangan ideal sebagai pendamping hidup butuh upaya ekstra. Solusinya ada program 21 Hari bertemu jodoh yang sangat ramai dan dikenal di Internet, seacrh saja dan ikuti karena itu program berbagi dengan donasi sukarela. .
  4. Teknik 5W + 2H bongkar Materi presentasi dengan menggunakan poin-poin : What : Definisi Topik Pembicaraan misal "Duit Dari Internet" When : Kapan kita dapat duit dari Internet? Where : DImana kita dapat duit dariInternet? Why : Kenapa duit dari ineternet? Who : Siapa yang membimbing kita dapat duit internet? How : Bagaiamana caranya? How Much : Berapa Biaya belajarnya?
  5. Teknik Plus-Minus Hampir mirip dengan problem solving, di teknik ini dibahas plus nya apa -minus nya apa? Banyak contoh dapat diambil misal internet, homeschooling, hypnosex, investasi dll
  6. Teknik Empat Poin Empat poin karena yang kita ketahui hanya empat saja, apabila kita tahunya tiga maka kita sebut tiga poin. Contoh Lima Upaya untuk sukses berbicara sebagai Public Speaker Surabaya meskipun berasal dari Gresik dan Tembus membuat Training Public Speaking Jakarta Ibukota Indonesia.
  7. Teknik Gabungan Anda dapat menggabungkan beberapa poin di atas ketika memberikan presentasi cukup panjang, karena Anda akan membahas hal teknis Training of Trainer Motivator untuk BKD Jakarta Pusat misalnya, atau Anda sebagai Narasumber dengan durasi 2 hari dua malam full bersama tim Anda.

3. Menutup Public Speaking

Tidak ada permulaan yang tiada akhir, begitu juga ketika Anda berbicara, Ada saat Anda harus menutupnya sebagai akhir presentasi. Ada 5 cara menutup public speaking - pidato - mc - sebagai berikut yang dapat Anda pilih salah satu :
  1. Pantun Satu dua tiga empat Lima enam tujuh delapan Saya yakin pasti bermanfaat Terimakasih saya sampaikan
  2. Public Commitment Marilah bapak-ibu kita berkomitmen untuk menguasai public speaking sebagai bekal sukses karier dan sukses hidup bermasyarakat.
  3. Cerita (lagi) Penjelasan kisah telah saya bahas di paragraf awal public speaking opening. Misalnya kisah Harimau dan rusa, entah anda sebagai binatang yang harus larii cepat agar dapat menangkap buruan atau lari dari kejaran pemangsa, Anda harus lari cepat.
  4. Lagu Disesuaikan dengan kondisi acara, apakah memutar lagu padamu negeri, atau the power of dream, lagu yang lagi hits trending dan viral di masyarakat.
  5. Quotes "Hiburlah hati sesekali, apabila hati lelah maka hati bisa mati," Sayyidina Ali R.A.
Alhamdulillah Public Speaking A- to- Z telah selesai saya tulis, untuk kelanjutannya akan saya buatkan di artikel berikutnya Public Speaking Mastery.

Baca Juga : Training Public Speaking Online Termurah Indonesia Bergaransi
Back to Top