Dasar-Dasar Percakapan yang Berhasil


  • Kejujuran
  • Sikap yang benar
  • Minat terhadap orang lain
  • Keterbukaan terhadap diri sendiri
Bicara itu seperti main golf, mengendarai mobil, atau mengelola toko ̶ semakin sering Anda semakin mahir dan semakin senang Anda melakukannya. Tetapi Anda harus mengetahui dasar-dasarnya terlebih dulu.


Saya beruntung telah mencapai suatu tingkat keberhasilan dalam bicara. Barangkali saat membaca buku ini, Anda akan berpikir dalam hati, "Oh jelas! Dia dapat mengatakan bahwa bicara itu menyenangkan. Dia senang melakukannya."
Memang benar, bicara merupakan bakat alami bagi saya, tapi bukankah mereka yang mempunyai kemampuan alami untuk suatu hal pun harus berusaha mengembangkannya? Bukankah orang yang berbakat pun harus mengubah bakat mereka menjadi keahlian?! Ted Williams, pemukul bisbol terbesar yang dikaruniai bakat alami lebih dari siapa pun, mati-matian berlatih seperti orang lain. Luciano Pavarotti dilahirkan dengan suara indah, tetapi ia tetap harus belajar menyanyi.


Memang, saya mempunyai bakat alami dan kecenderungan untuk berbicara, tetapi saya pernah mengalami begitu banyak kejadian di mana bicara tidak semudah sekarang.

Ditulis ulang dari buku "Seni Berbicara"

Pelatihan Public Speaking Semarang
Sabtu, 19 Oktober 2019
Ibis Hotel Simpanglima Semarang
Pendaftaran: 0821.4150.2649
www.public-speaking.id
Back to Top