-->

BICARA TANPA PERSIAPAN

| 10:45:00 AM |

 BAGAIMANA PRESENTASI TANPA PERSIAPAN

   Dalam ilmu public speaking, kita diajarkan membuat persiapan sebelum bicara, konon Steve Job dapat tampil wow dan memukau melakukan persiapan 90 hari. 30 hari Pertama mencari materi presentasi, 30 hari kedua membuat slide presentasi dan 30 hari ketiga melatih presentasi/bicara, Maka tidak heran apabila performanya sangat memukau. 




Namun bagaimana dengan Anda yang mendadak diminta tampil berbicara, tanpa persiapan sama sekali? berikut ada 3 Tips yang dapat Anda lakukan yaitu :

UNGKAPKAN PERASAAN ANDA

   Anda boleh menyampaikan perasaan kaget, Gugup, senang, gembira karena diminta bicara mendadak. Alasan menyampaikan perasaan untuk melepaskan semua emosi yang sedang Anda alami, andai emosi itu negatif maka emosi dapat dibuang melalui kata-kata Anda, bila Anda merasakan emosi positif maka Emosi tersebut terus mendukung diri Anda. 

hal ini dialami oleh Mr Larry King, penulis buku Seni berbicara yang menjadi best seller dan sudah diterjemahkan di Indonesia. Beliau mengawali karier bicaranya dengan mengatakan, "Bapak dan Ibu sekalian ini adalah pertama kali saya bicara, saya merasakan perasaan saya, tetapi saya perlu terus berbicara, maka setelah kalimat tersebut, presentasi menjadi sangat lancar. 

BERIKAN KABAR GEMBIRA 

Setiap orang senang mendengar kabar gembira, Anda dapat mengawali dengan mengucap syukur atas nikmat sehat, hidup dan berjumpa dengan audiens Anda, Ingat bahwa tidak ada sesuatu yang kebetulan di muka bumi ini, Semua tidak lepas dari Kodart dan Irodatnya Gusti Allah, dan Allah pasti punya maksud atas pertemuan ini, termasuk saat Anda membaca tulisan di Blog ini. 

Apabila Anda mewakili Group/ perusahaan /Komunitas maka ada baiknya ada menyampaikan capaian presatsi kelompok, misalnya berhasil menjadi Top  Public Speaking Indonesia online, Member IAIPS yang tersebar dari sabang sampai Merauke, Kabar Support Zoom Online tiap Selasa malam jam 20.00 wib. Atau Undangan Gratis mengikuti kelas Hipnoterapi Privat 12-13 Pebruari 2022 - di Semarang. 

Harapan Yang Akan Datang

Anda dapat menutup sesi public speaking singkat Anda dengan menyampaikan harapan pribadi Anda menjadi pembicara hebat dan berdampak, bermanfaat bagi banyak orang ketika terpilih sebagai Anggota DPR dari Dapil Anda. 

Atau harapan Anda terhadap peserta yang hadir, masyarakat Indonesia untuk dapat belajar Public Speaking Training bersama Coach Ilyas Afsoh, baik secara online, offline, blended, privat ataupun corporate. Sehingga siapapun dapat menyampaikan ide gagasan untuk Indoseia yang lebih baik lagi. 

Selanjutnya tutup presentasi Anda dengan mengucapkan Terima kasih atas waktu dan akhiri dengan Salam. 

TEKNIK YANG SUDAH TERUJI BERHASIL 

Teknik di atas saya ajarkan kepada Mbak Wulan "Owner Miulan Hijab," saat presentasi jumpa reseller di Jawa Barat dan dihadiri oleh kak Oki Setiana Dewi (Artis). Alhamdulillah presentasi berjalan dengan sangat lancar, tanpa kendala. Saya masih ingat ketika mengajarkan hal ini di cafe Tunjang Kedungmundu lantai 2 dan beberapa kali listrik padam karena over beban. 

Ilyas Afsoh - 0821-4150-2649
Trainer and Founder IAI Public Speaking Indonesia 

 

  


Back to Top