PIDATO PERINGATAN NUZULUL QURAN

 OPENING SAMBUT TURUNNYA ALQURAN

Assalamualikum warahmatullahi wa barakatuhu, 
Bismillah- Alhamdulillah- Wa sholatu wa salamu ala rosulillah, lachaula wa la quwwata illa billah, robi srohli sodri wa yasirli amri, wachlul uqdatan min litsani yafqahu qauli, roditu billahi rabba wa bil islamidiina wa bi muhammadin nabiyya - Amma ba'dhu.

Segala puji bagi Allah swt Tuhan sekalian Alam, penggenggam jagat, penguasa langit bumi, dunia dan akherat, sang pemelihara - Maha Penjaga atas semua makhluk ciptaanNya. Sang pendidik yang terus mengajari makhluknya, Allah adalah Tiada Ilah yang wajib disembah dan tiada sekutu bagnya.

Sholawat salam kesejahteraan bagi Baginda Nabi Muhammad, para sahabat, pengikut, dan pengikut para pengikutnya hingga akhir zaman. Nabi mulia yang sangat mencintai umatNya, Rasul yang diberikan mukjizat berupa Alquran Al Kariem, penyempurna ajaran para Nabi Rasul sebelumnya. 

ISI SAMBUTAN MALAM NUZULUL QURAN 

HADIRIN HADLIRAT yang dirahmati Allah, peringatan malam nuzulul quran (turunnya Alquran) merupakan peristiwa penting bagi kehidupan umat manusia di bumi, sebagaimana kita sadari bahwa Alquran merupakan pedoman hidup, petunjuk bagi Manusia, petunjuk bagi pribadi taqwa, dari ajaran tauhid, sejarah, dan hukum -hukum Allah.

Masyhur bahwa Alquran diturunkan pada malam 17 Ramadhan, sebuah angka yang sangat istimewa bertepatan dengan jumlah rakaat sholat wajib setiap hari, dan tepat pula dengan 17 Agustus, hari kemerdakaan bangsa Indonesia. Dan sangat terkenal bahwa surat pertama yang diterima Nabi Muhammad yaitu Al-Alaq (iqra) artinya  Bacalah. ayat 1-5 : 

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan,
Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah, 
Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah ,
Yang Mengajar Manusia dengan perantaraan kalam,
Dia Mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

ALQURAN SEBAGAI PEMISAH ANTARA HAQ - BATHIL 

Perhatikan Surat Al-Anfal ayat 41 : Kami turunkan Alquran kepada hamba kami pada hari furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan... (al-ayat).  Maksud dari ayat tersebut yaitu awal permulaan perang badar antara kaum muslimin dan kaum musrikin. Dimana peristiwa tersebut tepat pada tanggal 17 Ramadhan. 

Moment turunnya Alquran merupakan pemisah tegas antara kebenaran dan kebathilan, era terang benderangnya ilmu pengetahuan dan akhlak manusia agar terlepas dari zaman kebodohan, kekacauan, kesesatan umat. Sebagai contoh, bagaimana perilaku bangsa Arab Jahiliyah mengubur bayi perempuan karena dianggap sebagai aib dan memalukan. 

Saudara-saudaraku yang berbahagia, di era saat ini penting kita belajar Alquran dari ahlinya, bukan sekedar membaca terjemah bahasa Indonesia atau hanya dengan membaca artikel-tulsian-tulisan, video online di internet. Wajib bagi kita belajar yang paham sanad keilmuan dan kemampuan guru yang mengajar kita. 

Sebagaimana dicontohkan ulama-ulama kita yang  belajar Alquran secara hati-hati dengan mempelajari keilmuan tata bahasa Arab seperti Nahwu-Sharaf, Balaghah, Mantiq, asbabunnuzul, hadits pendukung, tafsir Alquran , ayat Nasq san manshuch, riwayat dari guru ke guru yang sambung hingga Rasulullah hingga ke Malaikat Jibril AS. 

ALQURAN SEBAGAI SOLUSI UMMAT MANUSIA 

ALQURAN sebagai mukjizat Rasulluah maka di dalamnya terkandung solusi atas apapun permasalahan manusia di muka bumi, telah banyak ilmuan-ilmuan modern yang membenarkan ayat-ayat quran yang cocok dengan riset dan penelitian mutakhir para ilmuan tersebut. 

Alquran benar-benar wahyu ilahi (agama langit) bukan ciptaan manusia, bahkan di dalam Alquran ada tantangan terbuka, "apabila kalianmasih ragu dengan Alquran maka hadirkanlah satu surat saja yang mampu menandingi alquran," dan sampai saat ini belum ada yang mampu menandingi dahsyatnya Alquran. 

Bukti Alquran sebagai mukjizat, bahwa sangat banyak umat muslim yang mampu menghafal 6.666 ayat Alquran di belahan bumi manapun, 114 surat mampu dihafal mulai anak-anak hingga dewasa. Kalau kita bandingkan dengan agama lain, adakah umat lain yang hafal di luar kepala isi kitab sucinya?" 

PENUTUP PIDATO NUZULUL QURAN 

Bapak Ibu sekalian, adik-adik pemuda yang saya banggakan, melalui peringatan turunnya alquran ini semoga menambah semangat kita untuk belajar Alquran, membaca, memahami, mengamalkan di bawah bimbingan para guru-ustadz, kiyai dan Ulama yang kompeten perihal Alquran. Semoga dengan berkah Alquran kita meraih fi dunya chasanah wa fil akhirati chasanah. 

Ihdinasshirotol Mustaqiem - Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu. 
Ilyas Afsoh - Trainer Public Speaking Indoneisa
Belajar Pidato - MC - Presentasi : 0821-4150-2649


Back to Top