Public Speaking Private Bagi Professional Photografer - Youtuber - Blogger

 

1. Public Speaking Business bagi Influencer 

Komitmen mengajar Public Speaking bagi semua kalangan masyarakat Indonesia mulai Ibu Rumah tangga, guru besar (Professor), Mahasiswi, anak sekolah, pelajar, pebisnis, influencer hingga professional fotografer, youtuber, blogger, menjadikan saya bertemu Mas Hendrik Kendal yang punya dua channel youtube termonetized. 

Alasan ikut kelas training public speaking bahwa dirinya terbiasa bicara di belakang layar, tetapi merasa tidak nyaman, grogi, tidak percaya diri ketika di atas panggung pegang microphone dan semua mata tertuju padanya. Kata-kata yang sudah diperisapkan seolah menghilang, menguap entah kemana- yang ada hanya kosong di kepala. 

Setelah menimbang dan memilih berbagai promosi yang Ada di Internet dan melihat video-video training di Ibis hotel, maka Mas Hendrik membulatkan tekat dengan Transfer DP 50% sebagai syarat booking kursi training, pack hotel coffe break, makan siang dan modul pelatihan, register sebagai member IAI Public Speaking Indonesia. 

2. Memulai Latihan Publik Speaker Dari Nol 

Saya memandu Mas Hendrixs mengawali praktek bicara dengan mengenalkan dirinya, nama, alamat, profesi sebagai internet marketer, dan tujuan public speaking untuk meningkatkan percaya diri ketika bicara di forum forum organisasi, saat dimintai pendapat sebagai senior, mengemukakan ide-ide perubahan terbaik untuk desa dan kabupaten tempat dia tinggal. 

Sebagai lulusan sarjana desain Unnes dan kesuksesan usaha sehingga mampu membeli mobil impiannya, ternyata hal itu belum cukup baginya untuk lancar bicara di depan umum, komunikasi verbal- non verbal, dan sungguh kemampuan bicara di depan umum- sangat minim. Dia ingin sekali memiliki skill menyampaikan ide gagasan dengan sangat baik. 

Keinginan kuat menjadi pembicara publik dalam menyampaikan pidato yang berkesan, bukan sekedar ritual, selesai ya selesai, apalagi terburu-buru justru membuat penampilan seseorang membosankan, ternyata ada kendala mendasar yaitu Rasa Percaya Diri dan faktor teknis lainnya. 

3. Kemampuan Komunikasi sebagai Aset Utama Untuk Sukses 

Anda dapat membayangkan ketika seorang pimpinan perusahaan memberikan tugas kepada timnya untuk membuat presentasi selama 50 menit tetapi slide yang dibuat hingga 75 desain. Maka dapat dipastikan bicaranya melebar kemana-mana dan membuat jenuh pendengarnya. Hal ini dapat disiasati dengan membuat cukup 10 Slide dengan durasi penjelasan sekitar 10 menit diselingi tanya-jawab. 

Menyampaikan ide dengan menarik di hadapan publik merupakan komponen utama meraih sukses di dunia bisnis, professional, karier bahkan di politik. Ada komponen-komponen penting yang perlu dikuasai sehingga penampilan Anda menjadi atraktif, nyambung dengan audiens. 

Komunikasi verbal melalui kata-kata, menyusun kalimat demi kalimat, tidak mbulet (berputar-putar) saat presentasi, dan kemampuan non verbal seperti menampillkan cara berpakaian, gaya rambut, body language merupakan perpaduan inti dalam komunikasi (personal dan massa). Hal ini menjadi pertimbangan banyak perusahaan saat seleksi pegawai. 

4. Komunikasi Personal Mencerminkan Citra Perusahaan 

  Kembali pada Bang Hendri yang mulai mengembangkan tim - karyawan menyadari pentingnya personal-personal di groupnya untuk membentuk image Corporate Culture Success. Bekal akademis, pengalaman organisasi perlu disupport dengan Mentoring Public Speaking. Komunikasi ke dalam sesama rekan kerja dan hubungan keluar dengan pelanggan. 

Sebuah platform media sosial seperti LinkedIn mencantumkan kemampuan komunikasi excellent, outsatnding aau higly developed sebagai syarat bergabung di perusahaan. Ditambah kemampuan memimpin (leaderships), melayani customer, tidak individual dalam menyelesaikan project. 

Komunikasi internal dan eksternal ditambah dengan mampu bekerjasama dalam tim, problem solving, punya inisiatif, dan kemmapuan menulis menjadi faktor utama seseorang menjadi top employer. Tidak hanya mengandalkan lulusan dariuniversitas ternama dengan nilai terbaik saja.

5. Kesan pertama dalam 8 detik  

Ada sebuah ide menarik dari seorang pakar komunikasi di Indonesia yang menyatakan untuk membuat kesan pertama dalam dela[an detik, dan membuat kejutanlkejutan menariks setiap delapan menit dalam pidato/presentasi. Kenapa angka delapan? Saya menduga bahwa delapan merupakan simbol unlimited, tampil maksimal tanpa batas. 

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia komunikasi, silakan update dengan mengikuti jurnal-jurnal internasional, website update dari berbagai platform sosial media yang merilis update terkait perkembangan bisnisnya, coba cek juga bagaimana komunikasi mereka di Channel youtube. Terus belajar, open mind and heart, terbuka terhadap perubahan yang begitu dinamis. 

5 tips KOMUNIKASI BAGI PEMULA


Baca Artikel Kami : PUBLIC SPEAKING ONLINE TRAINING

Back to Top