Penyebab Takutnya Bicara

Public speaking anxiety scale, public speaking about education, public speaking book, public speaking bahasa inggris, public speaking bandung.

Trauma Salah Ucap

 "Bulan ini saya ada presentasi tapi saya bingung," ujar seseorang kepala tim dari sebuah perusahaan alat kesehatan.

      Ia ditarik oleh perusahaan tersebut karena kemampuan niaga yang baik. Namun, ia takut tidak bisa bicara, ia sanggup mengeluarkan kemampuannya yang luar biasa dalam berbisnis saat duduk santai tetapi masalahnya adalah saat presentasi.



   Ia berkata, "Kalau bicara bisa saja saya bisa, seharusnya saat presentasi juga, kan? Saya bukannya tidak bisa presentasi. Akhir tahun lalu saya pernah presentasi untuk pesanan yang bernilai miliaran, waktu itu karena sangat gugup, tidak seperti biasanya saya melakukan banyak kesalahan sehingga pesanan pun melayang begitu saja. Akibatnya perusahaan mengalam kerugian besar, hal ini sangat mengganggu mental saya." Akhirnya saya mengerti apa yang terjadi, sebuah kesalahan telah mengikat saya.

  Saya berkata, "Jadi itu yang membuat Anda trauma karena itu Anda jadi takut presentasi?"

  Ia mengangguk.

Di sekitar kita tidak banyak orang yang bisa presentasi atau menyajikan paparan penting karena trauma seperti itu. Mereka mengalami hambatan besar dalam dunia kerja. Berbicara merupakan daya asing yang sangat penting dalam bisnis, sehingga jika tidak bisa menguasainya maka mau tidak mau akan tersingkir.

   Banyak juga orang di luar sana yang tidak bisa berbicara dengan normal akibat trauma. Ciri- ciri gejala ini adalah :

   *  Berbicara terbata-bata
   *  Suara kecil dan bergetar
   *  Gagap berlebihan
   *  Tidak berani menatap mata orang lain


Jangan lupa baca artikel kami yang lain : Membuat Kesan Utama yang Memukau
Back to Top