MELENGKAPI DENGAN BAHASA NONVERBAL

Pidato yang Mengguncangkan Amerika

Pidato yang diucapkan oleh mantan Sekretaris Negara, Hillary Rodham Clinton pada 2015,setelah beliau terpilih menjadi kandidat dalam Pilpres Amerika Serikat, sebagai berikut : 

"Amerika tidak akan sukses tanpa kesuksesan anda. Itulah alasan saya maju dalam pemilihan ini. Jika kita krja keras maka kita akan sukses, itu adalah kesepakatan dasar Amerika. Karena itu, saya akan berjuang demi rakyat Amerikayang tersingkir dari proses pemulihan ekonomi. Kesejahteraan bukan hanya untuk para CEO dan manajer pengelola investasi global. Demokrasi bukan hanya untuk miliarder dan perusahaan."



Beliau juga menyebut dirinya sebagai "Pelindung Rakyat Amerika Biasa" dan menunjukkan dukungannya. Meski usianya hampir 70 tahun beliau menyampaikan pidatonya dengan semangat. dan beliau di sambut oleh banyak pendukungnya.

Saat berbicara secara mendadak, konon beliau menggunakan bukku agendanya. Di situ banyak terdapat catatan peribahasa,kutipan ayat injil,kata mutiara,serta isiu seputar sosial,budaya dan ekonomi. Pidatonya mengandung emosi yang sangat kuat dari pada orang lain tentunya dengan persiapan yang dilakukan. Dan dengan di tambah artikulasi dan nada bicaranya yang baik. 

Jika di lihat dari pidato publik Hillary lebih memimpin di antara kandidat lainnya. Pidatonya menunjukkan karisma yang kuat. Gesturnya menempati porsi besar dalam menyukseskan pidatonya dan sorot matanya yang penuh percaya diri. 



90% Ucapan Di bentuk Oleh Gerak Tubuh dan Suara

Psikolog sekaligus pakar komunikasi Amerika yaitu Albert Mehrabian menyebutkan bahwa suara dan gerak tubuh merupakan unsur penting dalam berbicara. Menurutnya, 55% oleh gerak, 38% oleh suara, dan 7% oleh isi. Gerak tubuh dan suara dapat membuat perbedaan besar terhadap isi ucapan yang sama.

Unsur nonverbal seperti gerak tubuh harus diterapkan dengan baik agar dapat berbicara dengan baik. Berikut cara cara yang sangat berguna tidak hanya saat berbicara, ada lima hal unsur nonverbal : 



1. Penampilan yang Baik

Seseorang dapat menilai lawan bicaranya dalam waktu sesingkat mungkin, maka dari itu kita harus memiliki penampilan yang berkesan. Mulai dari rambut, contoh para artis mengubah bentuk rambutnya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai karakter drama, karena rambut memegang peran yang sangat penting dalam menunjukan nilai dan perkerjaan anda. 
Begitupun pakaian, gunakan pakaian dengan gaya yang baik dalam setiap pertemuan, wawancara, dam presentasi.

2. Selalu Tersenyum

Seseorang akan tertarik dengan orang yang berwajah cerah dan tenang. Tapi sebaliknya, orang-orang akan menjauh dari orang yang berwajah gelap dan gelisah. Maka dari itu biasakanlah diri untuk sering tersenyum, karena senyum memiliki daya untuk membuat hati yang melihatnya menjadi gembira. 

Terdapat 3 hal yang harus diingat untuk membentuk sebuah senyuman. Pertama, lemaskan otot wajah. Anda dapat mengucapkan huruf vocal, dengan membuka mulut lebar-lebar. Kedua, tarik ujung bibir sesering mungkin. Ketiga,lafalkan kata-kata yang serupa dengan cookie, waikiki, dan whiskey. Praktik ini akan membentuk senyum anda dengan sendirinya.




3. Pupil Mata yang Membesar dan Tatapan yang Stabil

Mata adalah jendela hati. Lewat mata kita bisa menyampaikan isi hati dan membaca hati orang lain meskipun tanpa kata-kata. Biasanya  pupil mata akan membesar jika kita merasakan kebaikan lawan bicara dan mengecil jika tidak. EBS Documentary pernah melakukan mengenai ini. 

Tatapan yang stabil saat mengobrol juga penting. Pendengar juga perlu merasa bahwa orang yang berbicara  dengannya tertarik dengannya. Dengan demikian, ia akan menyimak ucapan orang tersebut.

4. Sikap Percaya Diri

Mari kita ingat Bernie Sanders yang kalah dengan Hillary. Satu-satunya kelemahan Bernie Sanders dalam berbicara adalah sikap tubuhnya yang membungkuk. Saat berbicara tubuh harus tegak dan penuh percaya diri. Jika anda memiliki kebiasaan membungkuk, maka hal ini harus di perbaiki.



5. Penggunaan Gestur yang Tepat

Gestur tangan memberikan banyak makna bagi lawan bicara. Misalnya, tangan yang mengepal untuk menunjukkan maksud kuat atau tangan yang bergerak ke segala arah untuk mengarahkan pandangan. Gestur tangan yang baik biasanya memperlihatkan telapak tangan dan gerak dari dalam ke luar. Rajin berlatih di depan kaca akan membuaut anda menemukan gestur yang tepat dan terbiasa menggunakannya.



Di tulis ulang dari buku Bicara Itu Ada Seninya
Bagi anda yang ingin belajar Public Speaking dapat mendaftar di IAI Public Speaking, 0821-4150-2649


Back to Top