Bicara Itu Ada Seninya (Ringkasan Buku)

Bicara Itu Ada Seninya

Dalam buku karya Oh Su Hyang ,kesan pertama sangatlah penting semua orang
menilai sifat kita dari kesan pertama,pada bab tersebut dipaparkan bahwa seorang pria
berusia 30 tahun yang sudah mapan berusaha ingin mendapatkan gadis untuk dinikahinya
namun karena tuntutan perusahaan pria tersebut harus menghabiskan banyak waktu untuk
bekerja ,beberapa kali dia ikut kencan buta namun gadis tersebut menolak sebab pria itu
memberikan kesan pertama yang baik ,seakan terkesan arogan ,sang pria hanya berbicara
tentang dirinya ,keunggulannya dan membanggakan dirinya tidak memberikan
kesempatan untuk sang gadis untuk berbaur.Pria tersebut berpenampilan
menarik,memiliki suara bagus,pekerjaan yang mapan namun para gadis tidak tertarik
sebab sang pria memberikan kesan pertama yang membosankan dan egois.Secara umum
seorang wanita tidak akan suka pada pria yang pada pertemuan pertama membanggakan
dirinya .
,
Kesan pertama sangat penting bagi politikus yang ingin mendapatkan jabatan
karena orang orang akan menilai mereka saat pertama kali mengetahuinya.Dan dari
perkataan lah masyarakat meniali seorang calon pemrintah yang pantas atau tidak ,bisa
jadi ketika sang politikus pertama kali dia berpidato dengan gugup orang lain akan
menilannya dia kurang tegas karena itulah kesan pertama yang diketahui orang tersebut
Ucapan logis merupakan dasar ,ucapan mencerminkan keadaan seseorang apa
adanya,kita dapat langsung mengetahui apakah seseorang itu logis atau tidak hanya
dengan berbincang sebentar dengannya.Pada zaman saat ini berbicara logis dapat menjadi
keunggualan tersendiri.
.
Ada lima hal yang dapat dirasakan bahwa ucapan anda dipenuhi
oleh logika kokoh yaitu:
1.berikan alasan yang tepat untuk argument anda
2.hindari lompatan logika dan melebih-lebihkan
3.konsisten dalam bersikap
4.gunakan kata kata sederhana
5.tetap tenang

Mengungkapkan diri lewat storytelling ,ketika diminta berbicara berceritalah
“kalimat pertama yang menarik untuk didengar”
“beritahu kelebihanmu”
“gunakan angka”
“setelah diterima bekerja,selesaikan sesuai target waktu”
“menggunakan suara yang jelas dan lantang”
.

Hal diatas merupakan cara memperkenalkan diri saat wawancara.Storytelling memiliki
daya yang lebih kuat daripada gabungan kelima hal diatas.Jika anda tidak menguasai
kelima hal diatas,storytelling dapat membantu anda untuk memikat tim pewawancara saat
memperkenalkan diri.Storytelling yang baik membutuhkan empat hal
(tema,konflik,simpati,dan solusi) dan dua factor tambahan (pembalikan dan
alasan).Storytelling ini adalah teknik yang diperlukan oleh pekerja professional seperti
dokter, pengacara, dan akuntan.
.

Penyebab takut bicara biasanya berasal dari trauma masa lalu,banyak orang diluar
sana yang tidak bisa berbicara dengan normal akibat trauma ,ciri-cirinya yaitu:
1.berbicara terbata-bata
2.suara kecil dan bergetar
3.gagap berlebihan
4.tidak berani menatap mata orang lain
.

Cara mengatasi trauma dengan cara memulihkan rasa percaya diri dan berubah menjadi
orang yang mampu berbicara dengan cerdas.Mereka yang kurang percaya diri mudah
merasa berdebar-debar saat berbicara di hadapan orang banyak.Ada beberapa tip untuk
menghilangkan rasa gugup.

Ada empat al:
1.Membuat karikatur pendengar
2.Menghindari merendahkan kapasitas diri saat memperkenalkan diri
3.Mempelajari konten dengan baik
4.Mengucapkan “mantra” dengan penuh keyakinan

Berkomunikasi dengan Bahasa nonverbal adalah sebagai pelengkap.Untuk bisa
berbicara dengan baik,unsur nonverbal seperti gerak tubuh harus diterapkan dengan
baik.Lima unsur nonverbal untuk memikat hati para pendengar yaitu:penampilan yang
baik,selalu tersenyum,pupil mata yang membesar dan selalu tersenyum,sikap percaya
diri,dan gestur yang tepat.Mengubah cara bicara sama saja mengubah hidup

Hyang, Oh Su (2016).Bicara Itu Ada Seninya


Ikuti Channel Telegram kami :  t.me/cintabelajar
Daftar Public Speaking 0821-4150-2649
Via WA : Daftar Public Speaking
Back to Top